Talkshow "Peace Love and Stop Bullying", Program P5 SEMAKER Hari 1


Bondowoso, smkn1pujer.sch.id

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), merupakan program baru dalam kurikulum merdeka yang di release oleh mas Menteri Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. sudah mulai dilaksanakan oleh berbagai sekolah di Indonesia, begitu juga dengan SMKN 1 Pujer

P5 SMKN 1 Pujer kali ini mengambil tema Bangunlah Jiwa Raganya dengan judul “Peace, Love, and Stop Bullying” yang dilaksanakan mulai tanggal 3 Oktober 2022 sampai dengan 7 Oktober 2022.

Judul “Peace, Love, and Stop Bullying” ini diambil karena semakin maraknya bullying dikalangan siswa baik secara nyata maupun maya. Diharapkan dengan P5 Peace, Love, and Stop Bullying ini seluruh siswa siswi SMKN 1 Pujer dapat mengamalkan dengan menghindari bullying dalam bentuk apapun.

Acara hari pertama ini dimoderatori oleh Bapak Fadlillah Arifin, S.Pd dan di buka oleh Kepala SMKN 1 Pujer Dra. Esti Joeniarti Ekorini tepat pukul 07.55 WIB. Beliau berpesan bahwa dengan pelaksanaan P5 Peace, Love, and Stop Bullying ini, kita semua dapat saling menghargai satu sama lain dan tidak melakukan praktik bullying dalam bentuk apapun.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Pelajar Pancasila yang dibawakan oleh siswa kelas X yaitu Muhammad Rofi.

Acara dilanjutkan dengan Talshow pertama yang di moderator oleh Ibu Fahyir Umi Kultsum, S.PdI. Narasumber pada talkshow ini adalah Ibu Yanti Nur Kholilah, M.Pd. Materi yang dibawakan adalah “Profil Pelajar Pancasila”. Pembawaan Kak Fakhyir dan Kak yanti (begitu sapaan mereka) begitu fantastis sehingga siswa merasa senang dan aktif terlibat. Tak luput dengan menyanyin Bersama profil pelajar Pancasila mengajak siswa untuk mengetahui ap aitu profil pelajar Pancasila. Selain dimanjakan dengan lagu dan nyanyian, para siswa juga dimanjakan sengan voucher benlaja sebagai doorprize dalam kegiatan pertama ini.

Acara dilanjutkan dengan StandUp Comedy Madura dengan Tema " Bullying" yang di bawakan oleh Muhammad Ajis dari kelas X TO 3. StandUp Comedy sangat "Kompor Gas" (Kata Om Indro) sehingga seluruh siswa dan guru tertawa terpingkal-pingkal (LOL)

Kemudian acara dilanjutkan dengan kemeriahan lagu yang dibawakan oleh Moh. Arul Khoirul dari kelas X TO 1 dengan membawakan sebuah lagu berjudul Ojo Dibandengke. sontak seluruh peserta asik menyanyi bersama dan berjoged dengan tertib.


Acara berikutnya merupakan acara inti karena langsung berkaitan dengan Peace, Love, and Stop Bullying. Acara ini di moderatori oleh Ibu Ratna Nirmala, S.Pd dengan Nara Sumber bergelar Sarjana Psikologi yaitu Ibu Riza Faida, S.Psi. Acara Talshow kedua ini membahas tentang ullying serta akibatnya. Pada acara ini siswa juga dimanjakan sengan voucher benlaja sebagai doorprize.

Dalam acara ini siswa diajak terlibat langsung dalam setiap sesi sehingga siswa benar benar diajak langsung memahami dan merasakan apa dampak dari bullying. Pembawaan bu Riza yang begitu semangat membuat siswa antusias dan aktif dalam mengikuti talkshow. Bu riza berpesan bahwa ayo kita hindari bullying untuk hidup saling menghargai dan menjadi lebih baik.

Acara diakhiri dengan sholat dhuhur berjamaah sebagai implementasi profil pelajar Pancasila pertama yaitu Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berahlak Mulia.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

2 komentar:

Terima Kasih