AMBALAN PATTIMURA DAN CUT NYAK MEUTIA BANGKIT


 Bondowoso, smkn1pujer.sch.id

Dewan Ambalan Pattimura dan Cut Nyak Meutia yang berpangkalan pada SMK Negeri 1 Pujer telah bangkit dari masa pandemi covid 19, yang ditunjukkan melalui ikut serta kegiatan yang diselenggarakan dari pihak luar dan menyelenggarakan berbagai kegiatan di Gugus Depan 18.065 – 18.066. Salah satunya kegiatan yang telah diselenggarakan adalah Penerimaan Calon Penegak yang merupakan proses perpindahan tamu ambalan yang secara sukarela menyatakan diri sanggup menaati peraturan dan adat ambalam, dan diterima oleh semua anggota ambalan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 - 29 Oktober 2022 di  SMK Negeri 1 Pujer.


Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan 18.065 – 18.066 Dra. Esti Joeniarti Ekorini secara langsung membuka kegiatan Penerimaan Calon Penegak, yang dihadiri pula oleh Ketua Gugus Depan dan jajarannya serta diikuti oleh  30 anggota pramuka pangkalan SMK Negeri 1 Pujer.

Penerimaan Calon Penegak ini dilaksanakan untuk melatih kedisiplinan, menguatkan mental dan karakter baik pada diri tamu ambalan sebelum menjadi calon penegak di Ambalan Pattimura dan Cut Nyak Meutia. Hal tersebut dikemas dalam berbagai sub kegiatan diantaranya peserta diberi materi tentang dunia penegak dan ambalan, pengenalan satuan karya (Saka), pelaksanaan acara api unggun, senam pagi, dan permainan.



Materi tentang Saka Wirakartika yang merupakan saka di bawah naungan Kodim 0822 Bondowoso disampaikan oleh Pelda M. Mustain yang menjabat sebagai Pamong Saka Wirakartika Kodim 0822. Kemudian penyampaian materi lainnya sekaligus pengutan intelektual, mental, sosial dan fisik yang dikemas dalam perjalanan atau penjelajahan di alam sekitar lokasi perkemahan, dimana dalam perjalanan tersebut terdapat pos-pos yang berisi materi yang harus diikuti oleh peserta dengan baik. Setelah itu peserta melakukan sholat maghrib berjamaah yang dilaksanakan sebagai kewajiban dan

Reporter : Alodia Giovani

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih