From Nature For Ours, P5 SEMAKER Season 2


Bondowoso, smkn1pujer.sch.id

Dengan berakhirnya P5 Peace Love and Stop Bullying, bukan berarti berakhir nya inovasi yang dilakukan oleh SMKN 1 Pujer. Kali ini adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila season 2 dengan mengambil tema Kebekerjaan dan judul “From Nature For Ours”.

Target produk P5 ini adalah siswa mampu membuat sebuah teknologi terbarukan berupa briket. Menurut Wikipedia Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Sejak adanya kenaikan harga gas elpiji dan Bahan Bakar Minyak (BBM) belakangan ini, membuat masyarakat berpikir untuk mencari energi alternatif. Hal tersebut terjadi pula pada para pelaku usaha yang tak lepas dari penggunaan kebutuhan bahan bakar. Seiring dengan kenaikan harga gas dan BBM, harga kebutuhan pokok dan rempah-rempah pun turut merangkak naik. Tak ayal, pengeluaran anggaran rumah tangga dan produksi semakin meningkat. Energi alternatif yang mampu menekan biaya produksi dan biaya rumah tangga tentu sangat dibutuhkan saat ini. Masyarakat pun akhirnya menemukan salah satu energi yang lebih murah dan cukup tahan lama, serta ramah lingkungan. Pilihan masyarakat ini adalah briket arang.

P5 From Nature For Ours ini dilaksanakan dengan 3 acara inti yaitu (1) Tour Show, (2) Planning and Budgeting, (3) Make a Briket. Tour Show dilaksanakan pada hari pertama (28/11/2022) dengan mengambil model Tour. Sebelum memulai tour siswa melaksanakan Sholat dhuha dan mengikuti acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Kepala SMKN 1 Pujer, Ibu Dra. Esti Joeniarti Ekorini. Terdapat 3 ruangan yang dijadikan sebagai lokasi tour yaitu, (1) Ruang Teknologi Terbarukan, (2) Ruang Briket, (3) Ruang Keekonomian. Siswa melaksanakan tour dalam sebuah kelompok kecil yang merupakan gabungan dari beberapa Kompetensi keahlian.

Ruang Pertama yaitu Ruang teknologi terbarukan merupakan ruang untuk belajar tentang maca-macam teknologi terbarukan. Tour Guide untuk ruang ini adalah Pak Jefri, Pak Dona, Pak Supriyadi dan beberapa siswa pilihan. Ruang kedua yaitu Ruang Briket. Tuor guide ruang ini adalah Ibu Ratih, Ibu Yanti dan Ibu Riza serta beberapa siwwa pilihan. Disini siswa belajar tentang Briket mulai dari cara pembuatan sampai jenis-jenis bahan yang digunakan. Ruang ketiga yaitu Ruang Keekonomian. Disini siswa belajar tentang prospek pemanfaatan dan penjualan briket baik domestic, nasional maupun internasinal. Disini siswa juga bisa tahu tentang kisah sukses berbisnis priket. Tour Guide untuk ruang ini adalah Ibu Ris, Ibu Andri dan Pak Andik serta beberapa siswa pilihan. Di akhir tour, kelompok siswa membuat laporan kunjungan hasil tour.

Hari kedua (29/11/2022) dilanjut dengan Planning and Budgeting, disini siswa dalam kelompoknya membuat perencanaan pembuatan briket. Mulai dari bahan yang akan digunakan serta pembagian personil dalam membawa alat. Siswa menuliskan dalam lembar kerja yang sudah disediakan.

Hari ketiga (30/11/2022) siswa mulai bekerja membuat briket. Diawali dengan proses penimbangan dan penghalusan arang. Sisw sangat antusias memanfaatkan alat dan bahan yang sudah mereka siapkan.

Hari keempat (1/12/2022) siswa mulai mengolah arang menjadi briket. Mereka sangat senang sampai Nampak seperti sedang mengadon kue. Hari ke empat ini diakhiri dengan mencetak adonan briket menggunakan alat cetak buatan siswa.

Hari kelima siswa mulai menjemur briket sampai satu minggu berikutnya. Hasil briket siswa akan dimanfaatkan saat Puncak Pagelaran Pameran Karya pada 12 Desember 2022 Mendatang.

Tetap semangat SEMAKER ku.

 


Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih