Pra Aksi Karya "Peace Love and Stop Bullying", Program P5 SEMAKER Hari 3


Bondowoso, smkn1pujer.sch.id

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 1 Pujer hari ini memasuki hari ketiga. Setelah hari pertama siswa dinjakan dengan acara talkshow, stand up dan sing a song, dan hari kedua dengan nobar film yang mengharu biru dan meneteskan air mata, di hari ketiga ini siswa mulai membuat perencanaan projek yang akan mereka buat

Kegiatan diawali dengan apel pagi yang dibina langsung oleh wakil kepala sekolah urusan kurikulum, ibu Ratih Andhika Noer Yuniati, S.Pd. beliau berpesan agar siswa tetap semangat mengikuti kegiatan ini.

Acara dilanjutkan dengan pendampingan di ruang kelas masing masing oleh satu fasilitator dan satu pendamping di setiap kelas. Fasilitator dan pendamping menyampaikan apa saja yang perlu disiapkan untuk Menyusun projek.

Pada pra projek aksi karya ini siswa benar-benar dimanjakan dengan pembelajaran yang berdiferensiasi. Strategi Diferensiasi yang digunakan adalah difrerensiasi produk dan diferensiasi proses. Pada diferensiasi produk siswa dapat memilih produk yang akan dibuat sesuai dengan bakat dan minatnya. Supaya siswa tidak bingung, fasilitator dan pendaming memberikan contoh pilihan projek yaitu (1) Poster, (2) Puisi, (3) Cerpen, (4) Monolog, dan (5) Film Pendek yang semuanya berkaitan dengan anti bullying. Differensiasi proses lebih diarahkan pada bagaimana siswa menyelesaikan projek, bisa di dalam kelas, di Laboratorium, di luar kelas ataupun di rumah. Siswa juga diberi pilihan mengerjakan mandiri atau kelompok.

Pada Pra Aksi Karya ini fasilitator dan pendamping sudah mendapatkan ide karya yang akan dibuat oleh siswa. Kemudian fasilitator dan pendamping mendampingi proses pembuatan karya/proyek. Fasilitator dan pendamping juga membantu kebutuhan siswa dalam meyusun karya/proyek. Selain fasilitator dan pendamping, guru yang tidak mendampingi juga diberi keleluasaan untuk membantu, misalnya saat siswa ingin membuat media menggunakan aplikasi canva maka guru informatika dapat juga membantu. Begitu juga untuk guru yang lain sehingga kebersamaan tetap terjalin dalam kegitan P5 ini.

Acara kembali diakhiri dengan sholat dhuhur berjamaah sebagai implementasi profil pelajar Pancasila pertama yaitu Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berahlak Mulia.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih