Puncak Perayaan P5 SEMAKER, maksimalkan potensi kewirausahaan siswa


 Bondowoso, smkn1pujer.sch.id

Mendung dan gerimis menyelimuti SMKN 1 Pujer pagi ini, namun tak mematahkan semangat juang siswa dan siswi SMKN 1 Pujer untuk beraksi. Pasalnya pagi ini merupakan puncak perayaan Projek Penguatan Profil Pancasila yang sudah dimulai sejak 28 November 2022 lalu.

Tepat pada tanggal 28 November 2022, SMKN 1 Pujer memulai program P5 dengan Tema Kebekerjaandengan judul “From Nature For Ours”. Hari ini adalah puncak perayaan dengan membakar semangat jiwa kewirausahaan dibawah gerimis yang bukan mengundang.

Puncak perayaan ini dilaksanakan dalam bentuk Bazar guna memaksimalkan potensi wirausaha siswa. Hal ini dilakukan sekaligus untuk memanfaatkan Briket yang sudah dibuat oleh siswa yang merupakan produk dari P5 From Nature For Ours. Bazar ini dilaksanakan bersamaan dengan Pembagian Rapor siswa Kelas X dan Kelas XII.

Perayaan P5 ini tidak hanya dikhususkan untuk kelas X saja. Tetapi kelas XII juga ikut dilibatkan untuk mengisi mabar yang di sediakan. Hal ini dilakukan karena kelas XII juga ingin ikut terlibat dalam Perayaan P5. Hal tersebut disambut dengan semangat oleh kelas XII. Mereka pun merencanakan bazar dengan sangat baik. Selain itu beberapa Guru dan Staff karyawan SMKN 1 Pujer juga ikut ambil bagian dalam Bazar.

Dimulai pukul 06.30 siswa dengan didampingi oleh wali kelas masing-masing mulai menata stan stan Bazar yang sudah dirancang. Acara bazar dimulai pukul 07.30. hal ini dikarenakan pukul 08.00 pembagian Rapor kelas XII sehingga 07.30 sudah mulai berdatangan orang tua siswa kelas XII yang menjadi target Market dari Bazar Siswa.

Belum satu jam bazar dibuka, sudah banyak produk yang mulai habis, sehingga bagian stok penjualan harus menyediakan ulang stok mereka, salah satunya minyak goreng yang menjadi rebutan para ibu ibu. Sedangkan untuk produk makanan sengaja disediakan stok melimpah.

Pada pukul 09.00 mulai berdatangan wali siswa kelas X untuk pengambilan rapor, sehingga target market bazar siswa semakin banyak. Antusias dari wali siswa pun tinggi, hal ini didukung dengan daya beli yang tinggi.

Siswa juga semangat untuk mempromosikan jualan mereka. Dengan memanfaatkan sound system siswa bergantian melakukan promosi. Selain itu siswa juga melakukan penjualan drive thru, mereka menjajakan jualan mereka dengan berkeliling sekitar lokasi bazar, alhasil penjualanpun meningkat.

Selain bazar, puncak perayaan ini juga dihibur dengan karaoke yang dibawakan oleh guru dan siswa sehingga acara bazar semakin meriah. Bazar ditutup pukul 11.00 dikarenakan hamper semua produk sudah habis terjual. Siswa berlanjut dengan sibuk menghitung hasil penjualan mereka untuk dibuatkan laporan penjualan.

Siswa menutup bazar dengan membersihkan stan stan bazar berikut juga sampahnya, sehingga tidak menyisakan sedikit sampahpun di lokasi bazar. Seperti semboyan SMKN 1 Pujer untuk penanggulangan sampah yaitu “AYO LISA” yang merupakan akronim dari “Ayo Lihat Sampah Ambil”.

Sukses selalu SMKN 1 Pujer, kita akan bertemu dalam Bazar berikutnya di akhir semester genap tahun pelajaran 2022/2023.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih