Gelar IHT Mandiri, Guru SEMAKER hasilkan Modul Ajar ber KKTP dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android


 

Bondowoso, smkn1pujer.sch.id

            SAKTI MANDRAGUNA, itulah visi yang selalu didengungkan oleh SMKN 1 Pujer. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya In House Training (IHT) secara mandiri karena dilaksanakan dari, oleh dan untuk guru SMKN 1 Pujer sendiri.

            IHT kali ini mengupas tuntas tentang Modul Ajar ber KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) dan pembuatan media pembelajaran berbasis android. Instruktur kali ini adalah Guru Penggerak Bondowoso Angkatan 4 yaitu Bapak Ageng Jelly Purwanto, S.Pd.,M.Pd yang juga merupakan Guru SMK Negeri 1 Pujer.

            IHT dilaksanakan selama 4 hari yaitu dari tanggal 26 – 29 Desember 2022 dengan model IN – ON, IN dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 26, 27 Desember 2022, sedangkan ON dilaksanakan tanggal 28, 29 Desember 2022.

            Dihari pertama, di buka langsung oleh Kepala SMKN 1 Pujer, Ibu Dra. Esti Joeniarti Ekorini, beliau berpesan agar guru-guru antusias untuk mengikuti acara tersebut. Acara dilanjutkan dengan paparan program kerja seluruh wakil kepala sekolah dan kepala program keahlian.

            Setelah istirahat acara dilanjutkan dengan penyusunan modul ajar ber KKTP yang di bimbing langsung oleh Bapak Ageng. Seluruh peserta IHT antuias untuk menyelesaikan modul ajar ber KKTP. Acara diakhiri pukul 14.30.

            Dihari kedua diawali dengan apersepsi dan motivasi oleh kepala sekolah dan dilanjutkan dengan presentasi modul ajar yang sudah dibuat. Presentasi diawali oleh ibu Sri Hariyanti, S.Pd dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, dilanjutkan dengan Ibu Fakhyir Umi Kultsum, S.PdI dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan ditutup oleh Bapak Andik Dermawan, S.Pd dengan mata pelajaran Job Profile and Work Safety (produktif Bisnis Digital).

            Acara kemudian dilanjutkan dengan pembuatan media pembelajaran berbasis android yang dibimbing langsung oleh Bapak Ageng. Guru-guru SMKN 1 Pujer sangat antusias belajar menjadi Developer Aplikasi Android di bidang Media pembelajaran. Seluruh peserta IHT sangat antusias dalam membuat media, hal ini dibuktikan dengan dihasilkannya apk media pembelajaran untuk platform android dan di ujicoba menggunakan smartphone android masing-masing. Acara IN kedua ditutup pukul 14.30.

            Dilanjut acara ON 1 dan 2, seluruh peserta akan menyelesaikan perangkat pembelajaran di rumah masing-masing dengan tagihan berupa satu bendel perangkat pembelajaran semester genap yang akan digunakan pada awal Januari 2023 mendatang.

            Sukses selalu SMKN 1 Pujer, SEMAKER SAKTI MANDRAGUNA

 

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih