Bekali Peserta Didik dengan SQ, SEMAKER Gelar Pesantren Kilat Secara Rutin


Bondowoso, smkn1pujer.sch.id

Degradasi keagamaan dan spiritual karena kurangnya interaksi antara Peserta Didik dan guru akibat Pandemi Covid yang berkempanjangan begitu meresahkan. Hal ini Nampak pada perilaku dan tatakrama Peserta Didik yang menurun.

Kegelisahan ini membuat guru-guru SMKN 1 Pujer khususnya Bidang Spiritual merancang sebuah inovasi kegiatan yang langsung menyentuh serta merevitalisasi nilai-nilai keagamaan dan Spiritual Quotient (SQ). SQ merupakan kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif.

Inovasi kegiatan ini di kemas dalam kegiatan keagamaan berbentuk “Pesantren Kilat (SANLAT)” yang diadakan rutin setiap satu bulan sekali. Kegiatan Pesantren Kilat ini tidak dilaksanakan disekolah namun dilaksanakan di masjid-masjid atau pondok pesantren yang sudah MOU dengan SMKN 1 Pujer.

Inovasi ini dicanangkan oleh salah seorang guru Pendidikan Pancasila Bapak Welly Pujiarta, S.Sos. Pada mulanya beliau melaksanakan khusus untuk kelas yang beliau bina (Kelas X TO1) karena beliau sebagai wali kelas merasa prihatin dengan kondisi Peserta Didik yang sulit untuk diajak beribadah. Dengan pengalaman beliau di bidang keagamaan sangat mumpuni sehingga kelas yang beliau bina sudah melaksanakan sebanyak 3 kali. Alhasil ide hebat beliau diadopsi untuk dijadikan sebagai program kerja dibidang keagamaan dan berkolaborasi dengan Waka Kesiswaan.

Kegiatan kali ini kami fokuskan pada kelas XII yaitu XII TKRO, XII TBSM, dan XII BDP sebagai bekal mereka setelah lulus kelak. Materi yang dikupas dalam kegiatan SANLAT ini meliputi: Keimanan, Ibadah, Ahlak, Al-Qur’an, Adab Sunnah sehari-hari, Doa-doa masnunah, Adab Peserta Didik kepada orang tua, Adab Peserta Didik kepada Guru, Adab menuntut ilmu dan strategi belajar efektif.

Setelah mengikuti kegiatan ini, Peserta Didik diharapkan:

  1. Lebih taat kepada Allah Rosulullah S.A.W, orang tua dan guru
  2. Yakin tentang pentingnya sholat, kemudian terbiasa sholat berjamaah lima waktu
  3. Mengenal dan mengamalkan sunnah-sunnah harian: adab makan, adab tidur, adab mandi, adab istinjak, adab mencari ilmu, adab perjalanan dan lain-lain
  4. Membaca Al-Quran dengan lebih baik dan menghafal surat-surat pendek
  5. Mendengar dan menyempaikan Hadist-hadist Roasulullah S.A.W tentang pentingnya sholat, pentingnya membaca Al-Quran dan pentingnya dzikir serta pentingnya amar makruf nahi anil mungkar.
  6. Mempu berfikir posistif, mandiri dan lebih menghargai waktu
  7. Belajar lebih tekun dan tahu adab menuntut ilmu
  8. Taat kepada orang tua, Ulama dan Guru.

Kegiatan ini diadakan selama dua hari yaitu Jumat-Sabtu tanggal 13-14 Januarai 2023 bertempat di Pondok Pesantren Al-Imam yang beralamay di Desa Tegal Pasir Kecamatan Jambesari Darussholah. Kegiatan dilaksanakan mulai hari jumat pukul 15.00 dan berakhir pada hari sabtu pukul 15.00.

Peserta Didik sangat antusias mengikuti kegiatan SANLAT ini, mereka benar-benar ingin meningkatkan derajat keimanan dan SQ guna menghadami masa depan. Sukses selalu Peserta Didik SMKN 1 Pujer, sampai jumpa dikegiatan SANLAT bulan berikutnya. SMK Bisa SEMAKER Pasti Bisa, SMK Hebat SEMAKER Lebih Hebat.

Ayo sekolah di SMKN 1 Pujer, mewujudkan generasi yang SAKTI MANDRAGUNA (Santun, Akhlak Mulia, Kreatif, Terpercaya, Inovatif, Mandiri, Wirausaha dan Berdayaguna) dengan tiga Konsentrasi Keahlian Unggulan yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor dan Bisnis Digital.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

3 komentar:

  1. Alhamdulillah semoga apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini mendapat ridho dari Allah. Dan dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik di SMKN 1 pujer.

    BalasHapus

Terima Kasih