“KOPI SEMAKER” Resmi disahkan sebagai sarana berbagi praktik baik


 Bondowoso, smkn1pujer.sch.id

“Guru yang biasa-biasa saja memberitahu (tell), guru yang baik menjelaskan (explain), guru yang unggul menunjukkan (demonstrate), guru yang luar biasa mengilhami (inspire). (William Arthur Ward)

Komunitas praktisi merupakan strategi pelengkap bagi pengembangan profesi yang berkelanjutan. Konsep komunitas praktisi sudah banyak diterapkan oleh berbagai profesi dan penting pula diterapkan oleh para aktor utama dalam pendidikan yaitu guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Motto Guru Penggerak adalah ‘Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan’. “Tergerak untuk melakukan perubahan. Bergerak tidak boleh pasif, harus selalu melakukan perubahan. dan menggerakkan komunitas di sekolah maupun di daerahnya”.

Dari dasar tersebut SMKN 1 Pujer yang memiliki dua guru penggerak ingin langsung beraksi memanfaatkan momen berbagi. Dengan kesamaan tujuan yaitu ingin meningkatkan profesionalisme sebagai guru dan berbagi praktik baik dengan rekan sejawat sehingga disepakati bahwa SMKN 1 Pujer membentuk Komunitas Praktisi.

Komunitas Praktisi SMKN 1 Pujer ini diberi nama “KOPI SEMAKER” resmi dibentuk dan disahkan oleh Kepala SMKN 1 Pujer Ibu Dra. Esti Joeniartui Ekorini pada hari ini, senin 09 Januari 2023 dengan dikomandani oleh Ibu Yanti Nur Kholilah, S.Pd. M.,Pd yang merupakan Guru Penggerak Angkatan 4.

“Saya berharap KOPI SEMAKER ini dimanfaatkan oleh rekan-rekan guru untuk saling berbagi praktik baik dan mengembangkan keilmuannya”. Ujar Bu Esti

Komunitas Praktisi ini sengaja mengambil logo filosofi kopi sebagai bentuk semangat dan ciri khas Kabupaten Bondowoso dengan Republik Kopi nya.

Kegiatan Berbagi Praktik Baik yang akan rutin dilaksanakan ini diberi nama “SEMBAKO” (SEMAKER Berbagi dan Kolaborasi) merupakan lanjutan dari Karya Inovasi Kepala SMKN 1 Pujer yang berjudul Peningkatan Public Speaking dan Personal Branding Guru SMK Negeri 1 Pujer Melalui Program “SEMBAKO”.

Kegiatan pertama dari KOPI SEMAKER akan dilaksanakn Kamis, 12 Januari 2023 sengan tema “Mengenal Disleksia dan Penanganannya”. Dalam hal ini yang akan berbagi praktik baik adalah Guru BK sekaligus Psikolog SMKN 1 Pujer Ibu Riza Faida, S.Psi. (Bagi yang belum mendaftar dapat mengklik link berikut ini untuk pendaftaran)

Selamat berkarya KOPI SEMAKER, selamat berbagi Guru-Guru SEMAKER, SMK Hebat, SEMAKER lebih hebat.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih