Siapkan Generasi Teknologi, GRASEMAKER dibekali Jurnalistik


Bondowoso, smkn1pujer.sch.id

Perkembangan Teknologi Informasi dewasa ini semakin pesat. Saat ini kita masuk era Revolusi Industri 4.0 (RI 4.0). dalam RI 4.0 semua hal selalu berkaitan dengan teknologi dan internet salah satunya adalah sosial media dan berita. Pemerintah selalu mendukung program-prgram sekolah untuk menyiapkan siswa menghadapi RI 4.0

Sebagai warga Pendidikan kita dituntut untuk menguasai teknologi terutama yang berkaitan dengan informasi. Hal ini dikarenakan saat ini lebih mudahnya tersebar berita hoax. Untuk menanggulangi berita hoax tersebut kita harus bisa menulis hal yang berisi kebenaran informasi. Untuk itu kita sebagai warga Pendidikan wajib untuk belajar menulis di media sosial maupun media informasi online.

SMKN 1 Pujer sebagai sebuah institusi Pendidikan memiliki esktrakurikuler Pramuka. Pramuka SMKN 1 Pujer (GRASEMAKER) aktif untuk melakukan kegiatan-kegiatan kepramukaan. Kegiatan tersebut selain kegiatan rutin juga ada kegiatan instruksional. Kegiatan rutin dilaksanakan setiap hari selasa dan diikuti oleh seluruh anggota GRASEMAKER. Kegiatan instruksional dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan anggota GRASEMAKER.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan jurnalistik. Pelatihan yang dilaksanakan pada Rabu, 25 Januari 2023 ini di ikuti oleh 27 Pengurus GRASEMAKER. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali anggota GRASEMAKER dalam hal jurnalistik/ menulis berita.

Acara ini dibuka oleh Wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, ibu Denok Mailandari, S.Pd. beliau berharap anggota GRASEMAKER dapat memanfaatkan even ini untuk mengasah skill menulis sehingga dapat dimanfaatkan di kemudian hari.

Peserta pelatihan ini sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Pelatihan ini meliputi materi tentang membuat judul berita dan membuat kerangka berita sampai mengembangkan kerangka menjadi sebuah berita utuh.

Sebagai langkah awal peserta membuat berita tentang kegiatan pelatihan rutin yang sudh pernah dilakukan. Mereka Menyusun berita secara berkelompok dengan beranggotakan 2 – 3 orang. Setiap kelompok membuat judul dan berita yang berbeda-beda. Mereka memanfaatkan berita yang sudah ada untuk belajar merangkai kata-kata.

Hasil dari pelatihan ini adalah anggota GRASEMAKER mampu menulis berita dan nantinya diunggah ke website pramukasemaker.my.id.

Semangat belajar dan sukses selalu GRASEMAKER

SMKN 1 Pujer SAKTIMANDRAGUNA

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih