MENINGKATKAN KEIMANAN DAN KEDISIPLINAN SISWA LEWAT SHOLAT DZUHUR BERJAMAAH.


Untuk Menumbuhkan karakter Peserta didik terutama dalam bidang agama, SMKN 1 Pujer selalu menekankan pentingnya shalat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah yang dilakukan di Mushalla Al Amien di SMKN 1 PUJER, pada setiap Senin sampai Kamis. Kegiatan shalat berjamaah ini wajib dilaksanakan, karena sebagai sarana latihan untuk menjalankan perintah Allah Swt, juga mendidik siswa untuk menjadi disiplin, baik disiplin dalam belajar maupun disiplin pada tata tertib.

Shalat Dzuhur berjamaah diikuti oleh seluruh siswa dan siswi SMKN 1 Pujer dengan cara bergantian. Kegiatan shalat dzuhur berjamaah ini dibimbing oleh guru dan diupayakan menjadi pembiasaan, supaya mampu untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik. 

Shalat dzuhur berjamaah ini menjadi suatu kegiatan yang terus menerus dilakukan disaat istirahat kedua, untuk melatih peserta didik lebih teratur dan terarah dan mendisiplinkan diri dalam menjalankan ibadah. Seharunya menjadikan hal positif bagi peserta didik karena dengan adanya shalat Dzuhur berjamaah, diharapkan mampu menjadikan peserta didik semakin disiplin dan aktif dalam melaksanakan shalat fardhu.

Bapak kholoil asy’ari.S.Pd.I  sebagai guru PAI  juga mengatakan pada peserta didik bahwa, shalat berjamaah itu mempunyai berbagai keutamaan diantaranya, mendapatkan pahala 27 derajat dibandingkan dengan shalat sendirian dan shalat berjamaah ini juga dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan diantara kaum muslim dan membentuk akhlak yang mulia, ungkap beliu.

Fahyir umi kulsum sebagai rekan kerja dari bapak kholil sesama guru PAI juga   menambahkan, "Melaksanakan shalat yang tertib dan teratur, dapat berimbas pada kedisiplinan seseorang dalam melakukan pekerjaan, dan semakin bagus ibadah shalat seseorang, semakin baik pula tingkat kedisiplinannya, sebaliknya semakin ia sering mengabaikan aspek ibadah dan ia juga akan lebih mudah mengabaikan urusan-urusan diluar ibadah," 

Reporter : Fakhyir Umi Kulsum

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih