SMKN 1 Pujer gelar IHT Project Based Learning guna meningkatkan mutu pembelajaran


Bondowoso, smkn1pujer.sch.id

Kurikulum Paradigma Baru (SMKPK) sudah mulai ramai dibincangkan. Project Based Learning (PjBL) yang merupakan model pembelajaran andalan untuk kurikulum baru semakin menjadi sorotan, salahsatunya di SMKN 1 Pujer. Meskipun SMKN 1 Pujer bukan termasuk SMKPK namun, SMKN 1 Pujer tidah mau ketinggalan. Berdasar saran dan masukan dari pengawas pada saat PKKS, SMKN 1 Pujer juga harus siap untuk melaksanakan pembelajaran PjBL.

“Kami akan selalu siap melaksanakan kurikulum baru sesuai Amanah yang akan diberikan pada kami” ujar Denok Mailandari selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum

Berangkat dari hal tersebut SMKN 1 Pujer melalui TIM Pengembang Kurikulum melakukan sebuah terobosan untuk menyiapkan SMKN 1 Pujer sebelum Kurikulum Paradigma Baru dilaksanakan secara menyeluruh yaitu dengan melaksanakan In House Training (IHT) Project Based Learning dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMKN 1 Pujer. IHT ini dilaksanakan selama 4 hari yaitu sejak senin (03/01/2022) dan berakhir hari ini. IHT ini merupakan serangkaian program kurikulum yang akan berakhir Juni nanti dengan agenda Pameran Karya Siswa (PKS).

IHT kali ini mendatangkan dua nara sumber yaitu Drs. Ruslan Efendy, M.Pd selaku Pengawas Pembina SMKN 1 Pujer dan Ageng Jelly Purwanto, S.Pd., M.Pd selaku Guru SMKN 1 Pujer dan Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bondowoso.

Hari pertama di awali dengan pembukaan. Acara ini dibuka langsung oleh Kepala SMKN 1 Pujer ibu Dra. Esti Joeniarti Ekorini.



“Bapak Ibu jangan alergi dengan perubahan, kegiatan ini merupakan pengembangan mutu pembelajaran di sekolah kita, harapan saya mutu sekolah kita semakin lama semakin baik” tutur beliau.

Hari pertama dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh bapak ruslan berkaitan dengan Penilaian dan Analisisnya.



Hari kedua kedua dilanjutkan oleh Bapak Ageng dengan pemaparan materi tentang Project Based Learning. Disini pak Ageng menjelaskan tentang seperti apa PjBL di SMK dan bagaimana menyusun Proposal Proyek untuk PjBL. Hari kedua ditutup dengan presentasi dari 4 peserta dengan mempresentasikan Proposal Proyek hasil kerjanya yaitu Ibu Denok Mailandari dengan proyek Letter Off Application mapel bahasa inggris, Bapak Muhammad Jefry Kristanto dengan proyek Video Diagnosis Kerusakan Engine Management System (EMS) mapel Produktif TKRO , Ibu Fahyir Umi Kulsum dengan proyek Stand UP Anekdot Mapel Bahasa Madura dan Ibu Andriyaningsih dengan proyek Video Komunikasi dengan Pelanggan mapel Produktif BDP.



Hari ke tiga dan ke empat merupakan waktu penyelesaian tugas bagi peserta. Sampai hari ini Peserta yang merupakan guru-guru SMKN 1 Pujer sudah menghasilkan produk berupa Perangkat Pembelajaran untuk semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 dan Proposal Proyek PjBL yang akan dilaksanakan di Semester Genap nanti.

Acara ini ditutup dengan Amanah kepala sekolah dengan memberikan motivasi bagi guru-guru SMKN 1 Pujer untuk terus mengembangkan potensi diri.



SMKN 1 Pujer selalu siap untuk menjalankan Kurikulum Paradigma Baru yang kabarnya akan berlaku serentak tahun depan.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih